Wawasan Wiyata Mandala
Kamis, 12 Juni 2014 02:08
  Wawasan Wiyata Mandala

  1. Sekolah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan) sehingga tidak boleh digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan di luar tujuan pendidikan.

  2. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh proses pendidikan dalam lingkungan sekolahnya dan harus berdasarkan pancasila yang bertujuan untuk :
    • Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
    • Meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan budi pekerti.
    • Memperkuat kepribadian.
    • Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

  3. Antara guru dan orang tua murid harus ada saling pengertian dan kerja sama yang baik untuk mengemban tugas pendidikan.

  4. Para guru di dalam maupun di luar lingkungan sekolah harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru sebagai manusia yang dapat digugu (dipercaya) dan ditiru (diikuti) betapapun sulitnya keadaan yang melingkunginya.

  5. Sekolah sebagai wiyata mandala harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya tetapi harus mencegah masuknya sikap dan perbuatan yang secara sadar atau tidak, dapat menimbulkan pertentangan di antara kita karena perbedaan suku, agama, asal usul keturunan, dan tingkat sosial ekonomi serta perbedaan paham politik.