Sosialisasi (PKG) PDF  | Print |  E-mail

Dalam rangka menyikapi peningkatan mutu guru pemerintah menyiapkan prangkat Penilaian Kinerja Guru ( PKG ). Karena merupakan hal yang cukup mendesak SMAN 2 Denpasar melaksanakan sosialisasi pada hari Senin 5 Agustus 2013 di ruang Guru yang juga dihadiri oleh Pengurus inti Komite yang di ketuai oleh Prof.DR.A.A Gede Agung M.Pd yang ikut memberi sumbangan pemahaman tentang Kinerja Guru. Dilanjutkan oleh Guru golongan IVb yang sudah dilatih untuk Penilain Kinerja Guru antara lain Dra.Desak Rai Kartini M.Pd, Dra Tri Sulistyaningsih M.Pd, Ni Wayan Rustini S.Pd,M.Pd dan Drs I Wayan Dira. Penilaian kinerja guru (PKG) akan dilakukan per individu sama seperti yang diterapkan pada uji kompetensi guru (UKG).

Kemendikbud (pemerintah) akan menjalankan kurikulum baru dengan diikuti peningkatan kualitas guru.Semua akan mendapatkan pembaruan, mulai kurikulum baru, penilaiaan kinerja atau bahkan pengangkatan calon guru. Penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, dengan kualitas layanan profesi yang bermutu. Menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga terjadi peningkatan kualitas pembelajaran.

Hasil dari penilaian kinerja guru akan dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).Selain itu, hasil penilaian kinerja guru juga digunakan sebagai dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru.Penilaian kinerja guru akan berlaku secara efektif mulai tanggal 1 Januari 2013 sebagaimana Permendiknas 35/2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.