Sekolah PSB
Pendidikan yang bermutu merupakan tuntutan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia bermutu yang mampu bersaing secara lokal, regional maupun global. Upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu diperlukan strategi, langkah-langkah konkrit dan operasional yang dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu langkah konkrit peningkatan mutu pendidikan adalah pemberdayaan satuan pendidikan agar mampu berperan sebagai subjek penyelenggara pendidikan, yang diberi  kewenangan untuk merancang serta melaksanakan pendidikan sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing dengan tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sejalan dengan program pencapaian SNP,  Direktorat  Pembinaan  SMA sejak  tahun 2008 telah melaksanakan rintisan program pengembangan Pusat Sumber Belajar SMA (PSB-SMA). Pada  dasarnya  PSB-SMA  dikembangkan  dengan  fungsi  sebagai   media informasi dan komunikasi, wahana belajar dan wahana unjuk kinerja. Agar pelaksanaan sekolah PSB dapat dikelola dengan baik dan sesuai dengan  profil sekolah PSB yang diharapkan, maka diperlukan sebuah panduan  pengelolaan  sekolah PSB.

B.   Tujuan
1.  memberikan pemahaman tugas dan tanggungjawab Sekolah PSB
2.  memberikan gambaran secara menyeluruh kepada pelaksana PSB di SMA meliputi:

a.  pengembangan SDM;
b.  pengelolaan sarana prasana;
c.   pengorganisasian;
d.  pengelolaan konten pembelajaran;
e.  pengawasan;
f.   supervisi dan evaluasi.

3. memberikan pemahaman  penyusunan program kerja sekolah PSB

C.   Hasil yang diharapkan
1.  terpahami tugas dan tanggungjawab sekolah PSB
2.  adanya gambaran secara menyeluruh kepada pelaksana PSB di SMA  meliputi:

a.  pengembangan SDM;
b.  pengelolaan sarana prasana;
c.   pengorganisasian;
d.  pengelolaan konten pembelajaran;
e.  Pengawasan;
f.   Supervisi dan evaluasi.

3.  tersusun program kerja sekolah PSB